4 Langkah Mendapatkan Ribuan Followers di Instagram

4 langkah mendapatkan ribuan followers di Instagram

4 Langkah mendapatkan Ribuan Followers di Instagram

Bagaimana cara mendapatkan ribuan followers dari Instagram? Berikut adalah 4 Langkah mendapatkan Ribuan Followers di Instagram. 4 Langkah mendapatkan Ribuan Followers di Instagram

Seperti yang kita ketahui, Instagram menjadi salah satu media sosial yang paling populer di Indonesia saat ini. Dari hanya sekedar berbagi foto sampai mencari nafkah pun dilakukan di media sosial berbasis berbagi gambar ini.

Silahkan baca dan terapkan 4 langkah yang bisa membuat Instagram kamu populer.

Jangan lupa, follow akun IG @sewagoprodibali 

Yuk langsung aja yah.

Langkah #1

Mendapat Pengikut Dengan Cepat Mulailah Menyukai Foto.

Cara tercepat menaikkan pengikut adalah dengan menyukai sebanyak mungkin foto. Buka home feed akun Instagram Anda dan sukai (hampir) semua foto teman Anda, dengan harapan orang yang belum mengikuti Anda akan mengikuti Anda kemudian.

  • Kunjungi laman “Explore” dan lihatlah foto-foto paling populer. Sukai beberapa atau semua foto tersebut, karena akun-akun tersebut biasanya punya banyak pengikut dan beberapa dari mereka mungkin akan mengikuti Anda.
  • Selanjutnya, carilah foto orang, benda, atau tempat yang menarik perhatian Anda dengan tagar. Misalnya, jika Anda ingin melihat foto menara Eiffel, ketik #paris, #latoureiffel atau #eiffeltower. Sukai sebanyak mungkin foto di tagar tersebut.
  • Opsi ketiga, khusus untuk Anda yang ingin mendapat banyak pengikut dengan cepat, adalah dengan mencari tagar populer seperti #followme #like4like or #instadaily. Geser untuk melihat gambar gambar yang mencantumkan tagar tersebut, dan sukai gambar yang menarik perhatian Anda.
  • Lakukan hal ini di berbagai tanda yang berbeda hingga Anda menyukai 1000 gambar. Kedengarannya memang ekstrem, namun jika Anda melakukannya setiap hari, dijamin jumlah pengikut Anda naik dengan cepat — dan Anda pun akan menuju 1000 pengikut dengan cepat.
Mulailah Berkomentar Pada Foto Pengguna Lain.

Jangan hanya menyukai foto mereka, berilah juga komentar pada foto-foto tersebut.

  • Komentar memberi sentuhan pribadi, dan orang-orang akan merasa senang dengan komentar Anda sehingga mereka akan mengikuti Anda!
  • Anda tidak akan bisa mengomentari seluruh gambar yang Anda sukai, namun cobalah menyukai sebanyak mungkin foto. Komentarnya tidak perlu panjang, komentar seperti “gambarnya bagus ya!”, atau “suka deh” sudah cukup.
  • Akan tetapi, komentar yang lebih pribadi akan lebih efektif, misalnya “Wah, pencahayaannya pas, hebat ya”, atau “Rambutnya keren ya, pengen deh”. Ingatlah, pujian akan mendapatkan Anda apapun.
Tambahkan Komentar Atau Pertanyaan Pada Foto Anda.

Meskipun Instagram berisi 90 persen gambar, jangan lupakan kekuatan dari kata kata. Menambahkan komentar lucu, cerdas, atau unik, atau pertanyaan, pada foto Anda akan menjadi cara Anda berinteraksi dengan pengikut Anda, juga cara mendapat pengikut baru.

  • Berikan sedikit penjelasan mengenai tema gambar, atau apa yang menginspirasi gambar Anda, atau tempat pengambilan gambar. Buatlah komentar yang pendek, karena orang malas membaca komentar yang terlalu panjang.
  • Tanyakan pertanyaan yang memancing pengikut Anda berkomentar pada posting Anda, yang akan menarik pada pengikut potensial. Tanyakan pertanyaan sederhana seperti “Ada yang pernah coba?” di foto kafe baru di kota Anda atau “Pakai yang mana ya?” pada foto dua pasang sepatu.
  • Tambahkan CTA (Call to Action) pada posting Anda. Misalnya, jika Anda mengirim foto kucing Anda yang posisinya lucu, Anda bisa mengatakan “Lihat juga dong kucing kalian, tagarnya #kucinglucu ya”. Hal ini akan memancing pengikut Anda mengambil foto dan menggunakan tagar Anda.
Lakukan Posting Secara Berkala / Rutin.

Jangan berharap diikuti orang jika Anda jarang mengirim foto, jadi pastikan Anda aktif di Instagram dan ketahuilah tren terbaru.

  • Kirim sekitar 1-10 foto sehari. Hal tersebut memastikan pengikut Anda tetap mengikuti Anda dan memastikan bahwa ada sesuatu dari Anda di home feed mereka.
  • Namun demikian, jangan asal mengirim foto — foto yang Anda kirim haruslah cantik dan unik.
  • Jangan mengirim terlalu banyak foto per hari dan hindari mengirim lebih dari satu foto sekali posting. Hal tersebut akan menyampahi home feed pengikut Anda dan merupakan hal yang tidak disukai secara umum.
  • Jika orang-orang tidak menyukai posting Anda yang terlalu banyak, mereka akan berhenti mengikuti Anda — jika Anda ingin memiliki 1000 pengikut, tentunya Anda tidak ingin kehilangan satu pun dari mereka.
Lakukan Posting Di Waktu Yang Tepat.

Foto Anda mungkin paling keren, paling lucu, atau paling cantik, namun jika Anda mengirimnya di saat tidak ada orang yang daring (online) Anda membatasi jumlah orang yang melihat foto tersebut dan mengurangi kemungkinan mendapat pengikut baru dengan signifikan.

  • Pikirkan pengikut Anda dan pola mereka – kebanyakan orang memeriksa Instagram mereka di pagi hari, sebelum sekolah atau bekerja, dan di sore hari saat pulang sekolah/bekerja karena terjebak di kereta atau terkena macet.
  • Jadi, jika Anda mengirim gambar pada waktu-waktu tersebut (pada zona waktu yang relevan), gambar Anda akan lebih mungkin mencuri perhatian.
  • Berdasarkan survei oleh Simply Measure, waktu terbaik untuk mengunggah konten ke Instagram adalah hari Rabu antara pukul 5 dan 6 sore karena pada saat itu kebanyakan pengguna tengah aktif.
  • Anda juga bisa menggunakan aplikasi seperti Statigram untuk mencari tahu kapan pengguna Anda aktif menggunakan Instagram, yang membantu Anda mengetahui kapan waktunya mengirim konten.
  • Ketahuilah bahwa setiap posting memiliki waktu empat jam untuk mengumpulkan jempol, komentar, dan pengikut, sebelum tenggelam di home feed pengguna.

 

Langkah #2

Membuat Akun Jadi Lebih Menarik Pilih Tema Untuk Akun Anda.

Akun yang memiliki banyak pengikut biasanya memiliki tema tersendiri.

  • Akun bertema mendapat banyak pengikut karena para pengikut merasa mendapat jaminan melihat gambar yang benar-benar menarik perhatian mereka, bukan gambar acak atau aneh.
  • Jadi, jika Anda memiliki minat terhadap sesuatu, jadikan minat tersebut sebagai tema akun Instagram Anda. Tema yang populer termasuk makanan, kebugaran, binatang, fotografi, mode, dan kutipan inspirasi.
  • Tentunya, Anda tidak harus memilih tema. Beberapa akun menjadi populer karena mereka mengirim foto yang keren dari hal-hal aneh dan tidak biasa. Jadi, jika Anda bisa melihat subjek yang baik, Anda bisa mengambil foto yang akan disukai orang banyak, terlepas dari subjeknya.
  • Ingatlah bahwa Anda bisa memiliki lebih dari satu akun Instagram – jadi jika Anda mau, gunakan satu akun untuk gambar pribadi Anda dan satu akun khusus untuk foto anjing Anda, dsb.
Pilihlah Nama Pengguna Dan Foto Profil Yang Baik.

Nama pengguna dan foto profil adalah hal berikutnya yang harus diputuskan saat membuat akun.

  • Pastikan nama pengguna dan foto profil Anda relevan dengan tema akun Anda. Hal tersebut akan memberi calon pengikut Anda bayangan terhadap apa yang bisa mereka lihat dari akun Anda sebelum mereka mengunjunginya.
  • Misalnya, jika akun Anda adalah akun tentang kebugaran, gunakan foto Anda dengan alat-alat olahraga, dan jika akun Anda terkait arsitektur, gunakan foto bernilai seni dari gedung favorit Anda.
  • Jika akun Anda adalah tentang Anda dan kehidupan Anda, ambillah foto pribadi yang mencerminkan pribadi Anda – misalnya menggunakan telinga Miki Tikus atau menutup mata. Apapun yang terjadi, gunakan foto yang menarik pengikut Anda.
  • Hal yang sama juga berlaku dengan nama pengguna. Gunakan nama pengguna yang relevan dengan isi akun Anda. Hindari terlalu banyak garis bawah atau huruf X, karena akan membuat akun Anda terlihat seperti akun spam.
Isilah Bagian Bio.
  • Jangan biarkan bio Anda kosong. Bio adalah alat penting yang digunakan pengikut potensial Anda untuk memutuskan apakah mereka akan mengikuti akun Anda.
  • Sekali lagi, buatlah bio yang relevan dengan akun Anda dengan memberitahu pengguna apa yang bisa mereka lihat di akun Anda. Misalnya: “Doyan dandan. Foto-foto baju, rambut, kuku, make up ada di sini”.
  • Jika tidak, Anda bisa membuat bio yang menampilkan sekilas pribadi Anda, misalnya “Jagoan fitness”, “Humoris”, atau “Penganut Filosofi Kopi”.
  • Anda juga bisa menggunakan bio Anda untuk mengiklankan tagar favorit Anda, seperti “#follow4follow” (akan dibahas selanjutnya), atau permintaan shoutout dengan balasan shoutout, atau tagar pribadi Anda — seperti nama panggilan atau frasa yang mencerminkan Anda dan banyak dimasukkan dalam gambar-gambar Anda.
  • Misalnya, jika nama Anda Steve, dan Anda suka mengirim foto-foto pesta, Anda bisa mulai menggunakan “#partyboysteve” sebagai tagar pribadi Anda. Jika Anda beruntung, tagar tersebut bisa juga dipakai oleh teman dan pengikut Anda!
Temukan Teman Untuk Diikuti.

Setelah akun Anda diatur, Anda perlu menemukan beberapa teman dan pengguna lain untuk diikuti!

  • Masuklah ke bagian Settings di laman pengguna Anda dan ketuk opsi “Find People to Follow”. Di sini, Anda bisa mengimpor teman dari laman Facebook dan kontak ponsel Anda.
  • Mengimpor teman adalah ide yang bagus karena hal tersebut akan menghubungkan Anda dengan orang yang sudah Anda kenal dan lebih mungkin mengikuti Anda kembali. Jika Anda punya banyak teman Facebook, hal ini memungkinkan Anda mendapat sekitar seratusan pengikut baru tanpa usaha!
  • Selanjutnya, ketuk opsi “Instagram Suggested”. Opsi ini akan memberi Anda saran siapa saja yang sebaiknya Anda ikuti berdasarkan popularitas akun yang disarankan. Pilihlah beberapa akun dengan konten yang Anda sukai. Anda juga bisa menggunakan tab “Explore” dan menemukan orang yang ingin Anda ikuti dengan tagar dan nama pengguna — hal tersebut adalah cara terbaik untuk menemukan akun selebritis untuk diikuti!
  • Ingatlah bahwa Anda idealnya harus memiliki lebih banyak pengikut daripada akun yang diikuti. Jika mengikuti terlalu banyak pengguna, posting mereka bisa memenuhi home feed Anda, akibatnya Anda mungkin tidak dapat melihat gambar yang benar-benar menarik minat Anda.
  • Selain itu, orang-orang suka mengikuti pengguna dengan banyak pengikut – jadi jika Anda mengikuti banyak pengguna namun tidak diikuti kembali, mereka mungkin malas mengikuti Anda.
Sinkronisasikan Akun Instagram Anda Dengan Jejaring Sosial Lain.

Jika Anda pengguna aktif di jejaring sosial lain, sinkronisasikan akun Instagram Anda dengan sebanyak mungkin akun jejaring sosial Anda.

  • Artinya, setiap kali Anda mengirim gambar ke Instagram, gambar Anda akan muncul di akun jejaring sosial Anda yang lain. Hal tersebut akan memberikan Anda audiens yang lebih banyak dan menaikkan kemungkinan Anda mendapat pengikut baru.
  • Masuklah ke laman pengaturan Instagram Anda dan ketuk “Sharing Settings”. Hal ini akan membuka daftar jejaring sosial yang dapat Anda tautkan – termasuk Facebook, Twitter, Foursquare, Tumblr dan Flickr..
  • Centangi kotak cek di setiap jejaring sosial yang akan Anda sinkronisasikan ke akun Instagram Anda. Anda akan diminta memasukkan nama pengguna dan kata sandi Anda. Selamat — akun Anda kini telah tersinkronisasi!
  • Anda juga bisa membatalkan sinkronisasi kapan saja dengan menghapus tanda centang pada kotak cek.

Langkah #3

Memposting & Menandai Photo Yang Tepat Gunakan Tagar Yang Relevan.

Ada dua ide utama dalam penggunaan tagar – beberapa pengguna percaya bahwa Anda harus menambahkan sebanyak mungkin tagar untuk menaikkan jumlah orang yang melihat foto Anda, sementara pengguna lainnya percaya bahwa Anda cukup menggunakan 2-3 tagar yang relevan.

  • Pengguna yang berprinsip “lebih sedikit lebih baik” percaya bahwa menggunakan terlalu banyak tanda dapat membuat foto terlihat terlalu ramai, seperti spam, atau putus asa. Selain itu, mereka percaya bahwa menggunakan beberapa tagar relevan saja sudah cukup untuk mendapatkan pengikut.
  • Pilihan mana pun yang Anda pilih sepenuhnya ditentukan oleh Anda sendiri karena penggunaan tagar adalah pilihan pribadi. Jika Anda memilih untuk menggunakan 2-3 tagar saja, pastikan tagarnya terkait langsung dengan gambar.
  • Misalnya, jika Anda mengirim foto tenggelamnya matahari, Anda bisa menggunakan tagar “#beautiful #sunset dan #sky”.
  • Letakkan tagar di akhir deskripsi foto. Dengan demikian, orang-orang bisa membaca deskripsi foto saat membukanya dan tidak hanya akan melihat begitu banyak tagar di sana. Hal ini akan membuat akun Anda tidak tampak seperti spam. Gunakan Tagar Yang Populer. Cara penting lain agar gambar Anda dilihat adalah dengan menggunakan beberapa tagar populer – ada beberapa tagar yang selalu menjadi tren dan akan membantu meningkatkan visibilitas akun Anda.
  • Misalnya, jika Anda mengirim gambar binatang atau bayi, foto Anda mungkin mendapat lebih banyak jempol jika Anda menggunakan tagar #cute (salah satu tagar Instagram yang selalu populer), alih-alih #adorable atau #sweet – meskipun Anda bisa menggunakan ketiganya jika Anda mau.
  • Beberapa tagar populer lain adalah #love, #eyes, #nice, #tbt (Throwback Thursday), #beautiful, #girl, #happy, #picoftheday, #instadaily dan #follow.
  • Trik lain yang umum digunakan adalah dengan menggunakan tagar yang tidak terkait dengan gambar sama sekali namun dijamin mengundang banyak jempol, seperti #justinbieber, #katyperry and #onedirection. Tagar tersebut sangat populer dan sering ditambahkan pada posting banyak pengguna demi mendapat jempol dan pengikut, meskipun postingnya tidak terkait musisi tersebut. Hal ini bisa jadi efektif, namun banyak juga orang yang tidak menyukainya.
Gunakan Aplikasi Tagsforlikes.

Aplikasi ini adalah aplikasi populer yang mempercepat proses penandaan dan menaikkan jumlah jempol pada posting Anda. Aplikasi ini memungkinkan Anda menyalin dan menempel 20-30 tagar populer yang sedang tren.

  • Untuk menggunakan TagsForLikes, unduhlah dan jalankan aplikasinya, lalu pilih “Popular” dari menu awal, lalu “Most Popular”. Anda akan dihadapkan dengan daftar tagar yang tengah populer hari itu dan dibuat khusus untuk mendulang jempol dan pengikut.
  • Salin daftar tagar, lalu buka Instagram Anda dan tempel ke kotak komentar saat Anda mengirim foto. Dalam beberapa menit, Anda akan melihat banyak jempol dan pengikut baru berdatangan!
  • Setelah beberapa jam, Anda bisa kembali ke TagsForLikes dan memilih opsi “2nd popular”. Anda akan mendapatkan daftar tagar populer kedua.
  • Salinlah tagar tersebut dan tempelkan di komentar di bawah tagar asli gambar Anda. Anda mungkin tidak akan mendapat pengikut sebanyak percobaan pertama, namun Anda setidaknya bisa mendapat beberapa pengikut.
  • Anda sebaiknya juga menambahkan tagar tersebut di foto lama Anda untuk mempopulerkannya kembali!
  • Coba temukan tagar populer yang relevan dengan akun Instagram Anda. Dengan demikian, foto Anda akan memperoleh like dari orang-orang yang memang tertarik dengan akun Anda.
Ciptakan Tagar Pribadi.

Jika Anda mau, Anda bisa membuat tagar pribadi, atau mengambil tagar yang tidak terlalu sering dipakai dan menggunakannya sebagai tagar pribadi Anda.

  • Misalnya, jika tema akun Anda adalah pembuatan kue dan Anda suka mengirim gambar cupcake dan kue-kue lucu dan sedap lain, Anda bisa menggunakan tagar pribadi #cupcakechick atau tagar serupa.
  • Gunakan tagar tersebut di setiap posting Anda, selain pada bio.
  • Jika Anda beruntung, tagar Anda akan menjadi populer dan tagar Anda akan mulai dipakai untuk menandai gambar makanan mereka!
  • Jika tagar Anda populer, Anda akan mendapat banyak pengikut baru dari orangorang dengan minat serupa. Tandai Gambar Anda Dengan Geotag. Hal tersebut artinya menambahkan lokasi pengambilan gambar Anda di posting. Instagram bisa melakukan hal ini jika Anda mengaktifkan GPS.
  • Hal tersebut adalah ide yang baik jika Anda mengambil foto di lokasi yang populer atau keren, seperti kafe baru yang sedang tren, museum terkenal, atau restoran mahal. Orang-orang yang pernah mengunjungi tempat tersebut akan dapat mengunjungi posting Anda dan mungkin mengikuti Anda!
  • Anda juga bisa menambahkan geotag di lokasi yang agak umum, seperti New York, Paris, atau Roma. Banyak orang mencari gambar dari lokasi-lokasi tersebut setiap hari, jadi posting Anda akan terlihat oleh orang-orang dari seluruh dunia!
  • Geotag juga menambah keabsahan akun Anda, membuat akun Anda terlihat manusiawi dengan menekankan bahwa Anda pernah mengunjungi tempat tersebut.

Langkah #4

Menampilkan Foto Yang ‘Engaging’

Ambillah Foto Yang Menyentuh Orang Banyak. Cobalah membuat foto Anda seunik mungkin, namun tetap berkesan.

  • Hal tersebut lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, namun umumnya, Anda sebaiknya menghindari foto dari subjek yang terlalu sering diambil seperti “latte art” atau mengintimidasi pengikut Anda dengan “#selfie” — pengikut Anda akan melewatkan foto tersebut alih-alih melihatnya kembali.
  • Cobalah mengambil foto yang mengandung banyak emosi dan/atau dapat menyentuh perasaan, misalnya foto matahari tenggelam atau nenek tua yang duduk di bus.
Gunakan Pencahayaan Alami Sebisa Mungkin.

Pencahayaan alami adalah pencahayaan terbaik untuk menampilkan kecantikan gambar Anda.

  • Meskipun kebanyakan ponsel memiliki lampu kilat, hindari mengambil gambar di dalam ruangan atau di malam hari.
  • Cobalah mengambil gambar di luar ruangan, atau setidaknya di sebelah jendela, di pagi hari atau di sore hari sebelum matahari tenggelam. Waktu waktu tersebut adalah waktu dimana pencahayaan matahari paling cantik dan lembut.
Libatkan Unsur Simetri.

Mata manusia menyukai simetri – baik saat Anda mengambil foto wajah, gedung, atau pemandangan – jadi cobalah membuat foto Anda sesimetris mungkin.

  • Bayangkan sebuah garis vertikal yang membagi layar ponsel Anda menjadi dua – kini cobalah memusatkan subjek foto Anda pada garis ini.
  • Anda mungkin perlu berjongkok atau berdiri pada sesuatu untuk mendapat foto terbaik.
Buatlah Foto Yang Sederhana.

Jika Anda mengambil foto dari sebuah objek – seperti gelas teh atau rekaman lama, pastikan fotonya diatur di latar polos. Jika latarnya terlalu ramai, latar tersebut akan mencuri fokus dari subjek gambar Anda. Jika belum atau tidak punya waktu untuk membuat foto yang bagus, silahkan simak postingan 5 Situs Download Foto Resolusi HD

Gunakan Perspektif Yang Menarik.

Cobalah mengambil foto dari perspektif yang baru atau tidak biasa, seperti foto yang memaksa pengikut Anda mempelajarinya agar bisa memahami foto Anda.

  • Bermain-mainlah dengan sudut pengambilan gambar. Cobalah mengarahkan kamera Anda ke atas untuk mengambil gambar puncak pohon, atap, burung, atau langit.
  • Anda juga bisa menempatkan kamera Anda sangat dekat ke subjek, misalnya batang pohon atau bagian dalam buah delima hingga pengikut Anda sulit memahami apa yang Anda lihat.
Pilih Beberapa Filter Favorit Anda.

Salah satu dari hal terbaik dari Instagram adalah opsi untuk menambahkan filter berbeda pada foto Anda untuk membuatnya terlihat lebih berwarna, “tua”, eksotis, cantik, atau rapi.

  • Jika blog Anda memiliki gaya atau tema tertentu, sebaiknya Anda memilih 2 hingga 3 filter favorit dan hanya menggunakan filter tersebut.
  • Menyamakan filter akan memberikan kesan seragam pada akun Anda, dan membuat akun terlihat lebih profesional. Hal ini akan mempengaruhi keputusan calon pengikut untuk mengikuti Anda jika mereka melihat laman pengguna Anda.
TIPS-TIPS EXTRA
  • Periksalah siapa saja yang menyukai foto Anda. Sukai foto mereka juga. Pilih beberapa orang yang mengikuti Anda dan berikan jempol serta komentar pada foto mereka. Balaslah komentar pada foto Anda.
  • Pastikan jumlah pengikut Anda lebih banyak dari orang yang Anda ikuti.
  • Pelajari cara menyunting gambar. Orang-orang akan menanyakan bagaimana Anda menyunting gambar Anda, dan mungkin berbagi akun Anda dengan teman mereka
  • Gunakan tagar berikut: #love #tagsforlikes #tflers #tweegram #photooftheday #20likes #amazing #followme #follow4follow #elyse #like4like #look #instalike #igers #picoftheday #food #instadaily #instafollow #like #girl #iphoneonly #instagood #bestoftheday #instacool #instago #all_shots #follow #webstagram #colorful #style #swag
  • Ikuti Instagram dan beberapa akun “shoutout”, dan ikuti akun yang mengikuti kembali Anda serta mengikuti orang lebih banyak dari pengikut mereka. Jika Anda ingin akun Anda keren, ikuti @vinefans; Anda dijamin tertawa keras-keras!
  • Jika akun Anda bukan tentang diri Anda sendiri, buatlah laman Facebook untuk akun Anda. Buatlah event kecil seperti kontes agar pengikut Anda terlihat diperhatikan dan Anda mendapat banyak pengikut.
  • Buatlah akun Kik untuk akun Anda dan iklankan ke laman Instagram dan Facebook. Anda bisa memakai Kik untuk mengobrol atau mengadakan event.
  • Tandai orang-orang yang mungkin tidak Anda kenal tetapi berhubungan dengan foto atau akun Instagram Anda, supaya mereka berpeluang mengikuti Anda kembali atau memberikan shoutout.
  • Jangan unggah semua foto dalam satu hari, pastikan ada jeda waktunya sehingga orang-orang merasa tidak sabar dan penasaran menunggu foto Anda selanjutnya.

Semoga tutorial 4 Langkah mendapatkan Ribuan Followers di Instagram ini berguna ya. Jangan lupa follow IG saya di @sewagoprodibali

Leave a Comment