10 Distro Linux Untuk Pemula 2017

10 distro linux untuk pemula

10 Distro Linux untuk pemula 2017

Pengen hijrah? Simak 10 Distro Linux untuk pemula yang ingin hijrah dari Microsoft Windows dan Mac OS ke sistem operasi gratis dan open-source Linux.

Nah, dalam postingan kali ini. Saya akan membagikan 10 distro linux untuk pemula yang menurut saya mudah dalam instalasi dan penggunaannya. Jadi untuk yang baru mau mencoba, silahkan simak ulasannya.

Kebanyakan orang hanya tahu tentang Microsoft Windows dan Mac OS. Tahukah kamu ada sistem operasi selain yang saya sebutkan diatas? Yup! Namanya Linux. Awalnya dikembangkan oleh seorang mahasiswa di Finlandia bernama Linus Torvalds pada tahun 1991. Seiring berjalannya waktu, sistem operasi gratis ini mulai dikembangkan oleh banyak orang di berbagai negara. Tampilan antarmuka yang kuno serta tingkat kesulitan dalam pengoperasiannya membuat pengguna komputer tidak tertarik untuk menggunakannya.

Kini, Linux menjadi sistem operasi dengan dukungan komunitas terbesar di seluruh dunia. Tampilan yang semakin modern dan elegan serta dukungan perangkat lunak yang semakin beragam membuat pengguna komputer mulai melirik sistem operasi gratis ini.

Yang paling menarik dari sistem operasi Linux adalah hampir jarang terjadi hang/frozen ataupun laporan mengenai virus atau pun Ransomware yang menyerang Linux.

  1. Zorin OS


    Distro yang dikembangkan di Irlandia ini dibuat khusus untuk para pemula yang baru ingin mencoba Linux. Tampilan yang mirip Windows serta perangkat lunak yang memiliki tingkat kemiripan dengan yang biasa dijumpai di Windows, menjadikan distro ini menjadi salah satu favorit bagi pemula. Zorin OS juga dilengkapi dengan perangkat lunak yang dapat menjalankan perangkat lunak berbasis Windows. Jadi untuk kalian yang ingin mencoba Linux, distro ini sangat disarankan.
    https://zorinos.com


  2. Elementary OS


    Pada bulan April 2017 Elementary OS kembali mengeluarkan rilis terbarunya yaitu Loki. Dengan tampilan yang minimalis namun tampak elegan, ini adalah salah satu distro favorit saya. Distro ini merupakan turunan dari Ubuntu Desktop. Paket installer yang lengkap membuat saya tidak perlu melakukan terlalu banyak pemasangan perangkat lunak setelahnya. Alasan lain saya suka distro ini adalah karena tampilan antarmuka yang mirip sekali dengan Mac.
    https://elementary.io/


  3. Fedora


    Sebelumnya dikenal dengan nama Fedora Core. Distro yang dikembangkan melalui komunitas ini berada dibawah kepemilikan Red Hat. Dengan tampilan antarmuka yang elegan, Fedora cocok digunakan oleh pengguna komputer rumahan ataupun gamers, desain grafis, pakar keamanan serta penelitian komputer dan robotik. Untuk dukungan tutorial, kamu tidak perlu kuatir. Karena komunitas Fedora selalu siap membantu jika ada kendala dalam penggunaannya.
    https://getfedora.org


  4. openSUSE


    Alasan utama pengguna Windows takut untuk mencoba Linux adalah karena perbedaan sistem serta sudah terbiasa dengan tampilan antarmuka Windows. OpenSUSE menjawab semua ketakutan itu dengan tampilan antarmuka mirip Windows dan dukungan komunitas yang luas. Distro yang berasal dari Jerman ini di distribusikan secara gratis dan sangat disarankan untuk pemula yang baru belajar Linux.
    https://www.opensuse.org/


  5. Deepin


    Negara tirai bambu China juga tidak mau kalah dalam hal pengembangan Linux. Deepin terbaru merupakan turunan Debian. Pada pengembangan sebelumnya, distro ini merupakan turunan Ubuntu. Tidak hanya menawarkan perangkat lunak gratis, namun Deepin menyiapkan juga perangkat lunak khusus yang hanya bisa ditemui dalam paket instalasinya. Seperti; tampilan antarmuka DDE atau Deepin Desktop Environment yang dibangun menggunakan Qt5. Selain itu kamu juga akan dimanjakan oleh Deepin Software Centre, Dmusic dan DPlayer yang semuanya dikembangkan sendiri untuk disertakan dalam paket Deepin OS. Proses instalasi yang mudah menjadikan distro ini cocok untuk pemula dan dapat dijadikan alternatif selain Windows.
    https://www.deepin.org


  6. Antergos


    Distro turunan Arch Linux ini dibuat dengan tampilan modern dan elegan. Dikembangkan bagi pengguna awam yang baru mengenal Linux. Antergos awalnya bernama Cinnarch dan hanya menyediakan satu tampilan antarmuka yaitu Cinnamon. Tapi kini, Antergos menyediakan banyak tampilan antarmuka yang bisa dipilih pengguna pada saat pemasangan.
    https://antergos.com


  7. Ubuntu


    Bisa dikatakan Ubuntu adalah sistem operasi Linux sejuta umat. Karena kemudahannya dalam penggunaannya menjadikan Ubuntu dilirik oleh pengguna baru maupun profesional. Banyak perangkat lunak yang dibuat berdasarkan pembahasan di komunitas Ubuntu. Tidak hanya perangkat komputer, distro ini juga dikembangkan untuk Server, Smartphone serta Tablet.
    https://www.ubuntu.com/


  8. Manjaro Linux


    Distro Manjaro Linux merupakan turunan Arch Linux. Berorientasi pada kecepatan, sistem yang ramah pengguna serta tampilan antarmuka yang elegan membuat distro ini juga menjadi lirikan para pemula serta profesional. Manjaro Linux dikembangkan di beberapa negara seperti Austria, Perancis serta Jerman. Distro ini juga dikembangkan untuk penggunaan Server, Smartphone dan Tablet seperti Android.
    https://manjaro.org/


  9. Linux Mint


    Bagi pengguna Linux pemula, Linux Mint sangat direkomendasikan. Paket instalasi yang lengkap dan mudah di operasikan, membuat distro ini selalu menduduki peringkat pertama dalam kategori pengguna pemula. Linux Mint merupakan turunan dari Ubuntu. Pengguna bisa dengan bebas menciptakan tampilan antarmuka sesuai selera dengan fitur yang disediakan oleh distro ini.
    https://linuxmint.com/


  10. BlankOn


    Ada yang bertanya, kok namanya seperti topi tradisional yang dipakai orang Jawa? Iya benar, BlankOn adalah distro Linux yang dikembangkan oleh anak bangsa. Dalam setiap rilisnya, BlankOn selalu menamai rilis tersebut dengan kata-kata yang mungkin akrab di telinga kita, seperti; Lontara,  Pattimura, Suroboyo, Tambora serta beberapa nama lain. Distro ini merupakan turunan Ubuntu. Tampilan antarmuka yang diberi nama Manokwari di desain secara ciamik dan elegan. Banyak digunakan oleh pengguna rumahan, institusi pendidikan serta institusi pemerintahan. Tertarik untuk memasang distro ini?
    https://www.blankonlinux.or.id/


Bagaimana? Setelah membaca 10 Distro Linux untuk pemula 2017 apakah kamu tertarik menggunakan Linux? Bagi kamu yang ingin mengunduh tapi tidak memiliki kuota yang cukup, silahkan hubungi saya untuk mendapatkan DVD Installer nya.

Leave a Comment